Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang untuk Pemula

blogger indonesia

Blogger (penulis blog) adalah seseorang yang mengelola blog biar bisa memberikan manfaat kepada semua orang yang membaca tulisannya. Dengan mengurus blog, seorang blogger juga dapat memperoleh penghasilan dari blognya.

Siapa sih blogger yang nggak mau memperoleh pendapatan dari blog yang dikelola nya. Namun untuk bisa mendapatkan penghasilan, menjadi seorang blogger sesuatu yang gak bisa dibilang cukup sulit.

Saya pribadi sudah mendapatkan penghasilan dari beberapa blog yang saya kelola. Saya akui, biar bisa mendapatkan penghasilan dari blog, kita butuh waktu dan tenaga yang tidak lumayan banyak. Untuk itu, saya akan memberikan panduan bagaimana caranya agar bisa memiliki blog yang menghasilkan uang untuk pemula.

Dunia blogging kalau kita bahas sebenarnya gak akan ada habisnya, namun kali ini blog tutorial cara akan menuliskan panduan yang singkat, padat dan bermanfaat. Silahkan praktekkan, dengan kesungguhan pasti kita akan memperoleh hasilnya.

Membuat/mendaftar blog
Langkah pertama yang harus kita persiapkan tentunya membuat sebuah blog. Kita bisa membuatnya di blogger (blogspot.com), wordpress, atau di hosting dengan menggunakan cms seperti "worpress.org". Perlu diingat! Kalau menggunakan hosting, kita akan membutuhkan uang untuk sewa hosting dan domainnya. Yang menggunakan hosting biasanya orang yang sudah mengerti sedikit-sedikit tentang dunia internet. Tapi gak ada salahnya jika ingin mencoba pakai hosting.
Banyak blogger yang mendaftar di platform gratis seperti blogspot.com dan wordpress.com namun kita cuma dapet subdomain (ini gak jadi masalah bagi sebagian blogger). Untuk bisa menggunakan domain, kita harus memparkirkannya dan pastinya membutuhkan biaya untuk sewa domain pertahunnya.

Pelajari pemrograman dasar
Ini bukan menjadi keharusan buat blogger, tapi jika kita menguasai beberapa pemrograman seperti html, css, javascript atau php maka akan sedikit membantu untuk bisa dengan mudah mengelola tampilan blog.

Isi dengan konten yang bermanfaat
Konten/Artikel tentunya wajib buat para blogger, bahkan dalam dunia bisnis online ada istilah "Konten adalah raja". Jika masih binggung ingin mengisi konten jenis apa, silahkan pilih aja berdasarkan hobi dan kemampuanmu. Banyak kok jenis konten untuk blog, seperti: fashion, teknologi, internet, traveling, food, otomotif, bisnis dan masih banyak lagi.
Ada baiknya, kita mengisi konten yang sedang populer (pastinya yang berdampak positif) agar blog kita cepat ramai. Bisa juga kita menulis konten agar jadi populer, namun ini sangat sulit. Ingat! Menulis konten yang sedang populer dengan menulis konten agar jadi populer itu sesuatu yang berbeda ya!

Submit ke mesin pencari (search engine)
Dengan mensubmit ke mesin pencari, blog kita akan muncul dan mudah ditemukan banyak orang. Ada banyak sekali mesin pencari di dunia ini, yang paling populer adalah: google, yahoo dan bing, yandex, baidu. Kamu bisa submit konten kamu ke mesin pencari tersebut.
Sebelumnya, saya pernah menulis Cara Agar Blog Muncul di Google, silahkan dibaca dan praktekkan.

Pelajari SEO
SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Mengisi konten dan submit ke mesin pencari saja tidak cukup. Kita wajib mempelajari SEO. Jika mempelajari ini, blog kita akan ada kesempatan untuk tampil di halaman pertama pencarian di mesin pencari.
Tanpa mempelajari SEO blog kita akan sulit untuk ramai karena persaingan dalam dunia blogging sangat ketat. Perlu dicatat! SEO itu bukan ilmu pasti, kita mempelajarinya hanya untuk usaha saja, tidak ada yang menjamin konten kita berada di posisi pertama pencarian.

Promosikan di sosial media
Dengan berpromosi gratis, ini bisa jadi ladang traffik tambahan buat blog kita mengingat banyaknya pengguna sosial media saat ini. Ada banyak sekali sosial media, contohnya: Facebook, Twitter, Google Plus dan masih banyak lagi.
Jika ada tambahan dana, kita juga bisa promosi berbayar di sosial media seperti Facebook Ads. Tapi kalau situasi keuangan masih belum stabil, ini gak akam menjadi masalah serius. Ingat! Masih banyak jalan menuju sukses.

Pasang iklan
Ini yang membuat blog kita mendapatkan penghasilan. Banyak master yang bilang, kita sebaiknya mengurus iklan kalau blognya sudah berumur sekitar enam bulan. Namun menurut saya, jika blog sudah ramai, langsung saja mengurus periklanan.
Kita sebagai publisher harus memasang iklan yang disediakan oleh situs periklanan, ada banyak situs periklanan contohnya Google Adsense. Yang pastinya blog kita perlu disetujui terlebih dahulu oleh situs periklanan tersebut untuk menjadi publisher.
Selain memasang iklan, kita juga bisa memperoleh penghasilan dengan cara ikut kontes atau mereview suatu produk.
Untuk pembayarannya biasanya akan dikirim ke rekening bank, bitcoin, paypal, pulsa atau beberapa payment gateway yang ada di internet

Masih banyak lagi langkah-langkah untuk bisa menghasilkan uang, yang penting kita sungguh sungguh. Jangan lupa simpan blog tutorial cara di bookmark browser kalian dan sering baca-baca termasuk di blog ini agar wawasan kita semakin bertambah.

7 komentar:

Computer Softwares mengatakan...

In order to attain the latest information about Cash App, you are always welcome by the team of skilled executives who are always there to tackle all your troubles and errors.You need to dial Cash App support phone number (+1-833-777-6877) which is always there to assist you and you can contact them at any time as per your requirements.
http://supportservicenumber.com/cash-app-support-number/

shalley30 mengatakan...

gmail support number
itunes support number
itunes support phone number
apple support number
apple support phone number
apple tech support
outlook customer service number
facebook support number
facebook customer support number
google chrome support
kindle support number
hotmail supportnumber
macbook support number
Netflix Support Number

James Boond mengatakan...

After reading your blog for a while i was totally impressed, i dont have the reason to say your blog is not interested, it is fabulous and i hope when next i read your blog i feel the same.

office.com/setup

mcafee.com/activate

mcafee.com/activate

norton.com/setup

JAck Ponting mengatakan...


Upgrade to Office 365 and get the latest Office applications, installs on multiple PCs/Macs and devices, 1 TB OneDrive cloud storage per user, tech support, and other services with your subscription.


office.com/setup

office.com/setup

norton.com/setup

Smith Paul mengatakan...

Earn Money through Article Writing. Whether you're a skillful writer or a beginner with no experience, anyone can make money from writing articles... office.com/setup Thanks for sharing a good information and beneficial article...Really helpful..

lora2908 mengatakan...

Here, is the best offer for your organization click this link join our opportunity we provide how to create Cash App Sign in Account, Close Cash App Account?

Mark Watson mengatakan...

To proceed with the Netgear R6400 setup, you are supposed to log in, and then you are supposed to apply a few steps. First of all, you must turn on the router, connect the device via wifi or a network cable with the router, now open a web browser, insert URL or IP address into the address bar and then confirm with the enter key. Now, you must enter your username and password in the open interface and then confirm it.

Posting Komentar