Gimana Cara Verifikasi Dua Langkah Google Mail di Android

Menghidupkan verifikasi dua langkah akun google adalah bagian yang paling penting untuk kita. Dengan ini akun kita keamanannya bisa meningkat. Mengapa seperti itu. Karena untuk biaa login ke akun, kita perlu melakukan verifikasi dua langkah. Langkah pertama kita memasukkan sandi, kedua kita akan mengisi kode berbeda - beda yang dikirim ke SMS setiap kali mau masuk.

Kalau pakai laptop/komputer, bisa langsung menuju ke url ini https://support.google.com/accounts/answer/185839?hl=id, waktu memakai ponsel android, maka akan ada tampilan seperti ini

Maka dari itu, saya akan share cara mengaktifkan melalui os robot ijo ini. Saya pakai browser chrome hasil unduh dari play store. Kalau mau mengaktifkan lewat android, Anda bisa simak tutorial berikut lengkap disertai gambar.

Tentunya telah login di akun yang akan diaktifkan verifikasi 2 langkahnya. Silahkan Anda visit https://myaccount.google.com, lalu cari dan klik teks yang di beri tanda berikut.

Kemudian cari juga yang diberi tanda panah berikut. Dan klik.

Jika loadingnya sudah selesai, silahkan klik mulai.

Masukkan kata sandi.

Anda akan diwajibkan memasukkan nomor telephone (kalau masih kosong). Tapi jika sudah ada nomor handphone di halaman tersebut, silahkan cek dan yakinkan nomor itu masih aktif. Dibawahnya ada teks "Bagaimana Anda ingin mendapatkan kode?" Saran saya pilih "SMS" Saja. Lalu tekan "Cobalah"

Kemudian Anda akan ditujukan ke halaman "Konfirmasikan bahwa nomor Anda masih aktif". Tunggu sebentar sampai Anda menerima pesan dari simbah, kodenya berformat seperti ini G-Number. Silahkan buang bagian G- dan gunakan bagian Number untuk verifikasi, dengan cara menginput ke form yang tersedia. Lalu klik selanjutnya.

Kalau Anda akan dialihkan ke halaman "Berhasil! Aktifkan Verifikasi 2 Langkah?". Silahkan klik "Aktifkan". Jika sudah selesai semuanya itu artinya Anda telah mengaktifkannya.

Cara tersebut sudah saya praktekkan dan berhasil. Waktu login, saya diminta buat verifikasi 2 langkah. Jika fitur ini diaktifkan, bukan berarti akunnya terjamin aman. Kalau kita sembarangan waktu menyimpan datanya, ya pasti akan jebol juga. Jika merasa akunnya sudah tidak aman sebaiknya ganti kata sandi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar